BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Pesan saya

Tidak ada rahasia untuk sukses Ini adalah hasil dari persiapan, kerja keras dan belajar dari kegagalan.

MP3 Player





Senin, 23 Juli 2012

Rekayasa Perangkat Lunak

Istilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software Engineering. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan tahun 1968 pada Software Engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.

Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur.

Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi (O’Brien, 1999).

Pengertian RPL sendiri adalah sebagai berikut Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan “semua aspek produksi” pada pengertian di atas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL

Praktikum 1 Bagian Pertama

1.Buka Netbeans
2.New Projects >> Create main class jangan ditandani >> Finish
3.New >> J Frame Form
4.Ambil pallet >> 2 Buah Label
5.Klik Kanan pada area design >> events >> window >> window activated
6.Tulis script ini dibawah private void Form Window Activated pada bagian source
J.Label1.setText (“Praktek RPL TI A”);
J.Label2.setText (“M3108020”);
Jalankan file dan lihat hasilnya

7.Ambill pallet button 2 buah
8.Ganti nama button1 menjadi Always On Top dan button 2 menjadi Diasble
9.Klik kanan pada button1 >> events >> mouse >> mouse clicked (lakukan juga pada button 2)
10.ketik source dibawah ini pada event button1.mouseclicked
this.setAlwaysOntop(true);
lalu source dibawah ini pada event button2.mouseclicked
this.setAlwaysOnTop(false):
11.Jalankan File dan Lihat Hasilnya

pada saat always on top


pada saat disable


Pembahasan Praktikum 1 Bagian Pertama:
private void formWindowActivated(java.awt.event.WindowEvent evt)
>> jika kita menjalankan file maka akan muncul window yang baru untuk menghasilkan output
jLabel1.setText("Praktek RPL TI A");
>> mengganti nama label 1 menjadi “Praktek RPL TI A

jLabel2.setText("M3108020");
>> mengganti nama label 2 menjadi “M3108020”

private void jButton1MouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {
this.setAlwaysOnTop(true);
}
>> Jika dalam menjalankan file, kemudian kita meng-click button1 ( atau dalam praktikum diatas dinamai Always On Top ) maka ketika kita membuka aplikasi lain, window output diatas akan selalu berada diatas

private void jButton2MouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {
this.setAlwaysOnTop(false);
}
>> Jika dalam menjalankan file, kemudian kita meng-click button2 ( atau dalam praktikum diatas dinamai Disable ) maka ketika kita membuka aplikasi lain, window output diatas tidak berada diatas aplikasi lain, tetapi berada dibawah nya.

Praktikum 1 Bagian Kedua

1.Buat JFrameForm lagi
2.Ambil Pallete 1 buah Label, 1 buah textField, dan 1 buah button
3.ganti nama label1 menjadi “output”, textField1 menjadi “ “, dan button1 menjadi "Clear”
4.Pada textField1 ambil event key >> key released, kemuidian keti source ini pada kolom source
JLabel1.setText(JTexField1.GetText()):
5.jalankan File dan lihat hasilnya

6.Ambil event >> mouse >> mouse clicked pada button1
7.kemudian tulis source dibawah ini
JLabel1.setText(“Output”):
JTextField1.setText(“ “);
8.jalankan kembali file dan lihat hasilnya


Pembahasan Praktikum 1 Bagian Kedua
jLabel1.setText("Output");
>> mengganti nama label1 menjadi “Output”

jButton1.setText("Clear");
>> mengganti nama button1 menjadi “Clear”

private void jTextField1KeyReleased(java.awt.event.KeyEvent evt) {
jLabel1.setText(jTextField1.getText());
}
>> jika kita menjalankan program, kemudian kita menuliskan apapun yang ada di Text Field maka pada Output akan mengikuti apa yang kita tulis

private void jButton1MouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {
jLabel1.setText("Output");
jTextField1.setText("");
}
>> ketika kita menjalankan file, kemudian ingin mengembalikan event key released menjadi seperti semula, maka kita click button1 ( dalam praktikum ini dinamai “Clear”), maka output akan kembali seperti semula seperti pada saat kita menjalankan file

http://informatikasaja.blogspot.com/2010/03/tutorial-rpl-bagian-pertama.html

Demikian untuk tutorial kali ini, kritik dan saran terbuka untuk siapa saja. nantikan tutorial lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar